cara merawat knalpot

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil, Biar Awet dan Tidak Ada Masalah


Cara Merawat Knalpot motor – Setiap kendaraan memiliki banyak komponen sebagai satu-kesatuan yang akan menghasilkan alat transportasi yang nyaman dan aman bila digunakan. Berbicara tentang komponen-komponen yang terdapat dalam setiap kendaraan bermotor pastinya tidak terlepas dari perawatan berkala agar dapat menjalankan fungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Salah satu perawatan yang harus diperhatikan dalam setiap kendaraan bermotor adalah melakukan perawatan lubang buang atau knalpot pada kendaraan itu sendiri. Knalpot merupakan komponen yang termasuk cukup vital pada setiap kendaraan. Knalpot ini bertugas memproses kembali hasil pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen yang terjadi diruang bakar, agar dapat dimanfaatkan sebagai tenaga tambahan. Apabila knalpot tidak berfungsi sebagaimana dengan mestinya maka bisa menghasilkan proses pemanfaatan hasil pembakaran dari mesin yang kurang optimal. Sehingga memungkinkan terjadinya boros bahan bakar serta tenaga motor yang kurang optimal “Loyo”. Nah disini Mas Sena akan membahas mengenai cara merawat knalpot orisinil supaya anda tidak mengalami masalah-masalah seperti yang diuraikan diatas.

cara merawat knalpot motor orisinil

Namun sebelum masuk ke cara merawat knalpot motor orisinil tentunya anda tahu jika fungsi knalpot sebagai alat penyalur gas sisa pembakaran, selain itu juga berfungsi untuk mendukung tampilan motor. Apa jadinya jika kendaraan anda seperti motor ataupun mobil tanpa knalpot? Pastinya sang owner akan mendapat caci maki dari semua pengguna jalan yang ada. Oleh karena itu knalpot ini sangat penting dan dibutuhkan perawatan yang optimal sehingga suara maupun peformanya dapat terjaga dalam kondisi prima setiap saat. Nah untuk melakukan perawatan knalpot orisinil kendaraan brader dan sista sekalian, marilah kita simak ulasan tips dan trik cara merawat knalpot motor orisinil yang Mas Sena sampaikan dibawah ini.

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil dengan Benar
Umumnya knalpot memiliki masa kegunaan yang cukup lama. Namun dengan masa atau usia tersebut memungkinkan terjadinya korosi atau karat pada komponen gas buang  yang terjadi kaerna perbedaan suhu di dalam dan diluar pipa knalpot. Bahkan jika brader dan sister jika mempunyai tempat tinggal di daerah dekat pantai maka korosi akan cepat terjadi yang diakibatkan oleh kandungan garam yang cukup tinggi pada udara sekitar dan memungkinkan kotoran yang ada lebih mudah menempel dibandingkan bagi anda yang mempunyai lokasi tempat tinggal jauh dari pantai. Agar knalpot original anda tetap berada pada peforma yang maksimal serta mempunyai tampilan yang bersih simaklah tips dan cara merawat knalpot motor orisinil berikut ini:

cara merawat knalpot motor

Oke kita masuk ke cara merawat knalpot motor orisinil yane pertama. Untuk knalpot orisinil atau standar 4 tak yang cenderung kering, panas yang dihasilkan mesin akan cepat menimbulkan karat dan kekuningan karena mempelnya kotoran yang begitu cepat. Maka dari itu disarankan panaskan mesin secukupnya, jangan terlalu lama.

  1. Bersihkan lubang buang pada silencer dengan cara memberikan oli secukupnya dalam lubang silencer tersebut dalam waktu dua bulan sekali. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran atau mengeroposnya knalpot pada bagian silencer maupun leher knalpot yang berdekatan dengan silencer. Karena jika terjadi kebocoran atau kropos pada knalpot ini akan menghasilkan suara yang buruk, tenaga yang terasa loyo dan tidak ramah lingkungan
  2. Jika sudah terjadi korosi pada knalpot maka segera bersihan kotoran yang menempel tersebut dengan sikat yang masih bagus dan kuat. Caranya yakni memanfaatkan detergen yang dioleskan di bagian knalpot yang kotor atau berkarat. Lalu sikat dengan kuat-kuat kotoran atau karat tersebut hingga bersih. Jika kotoran membandel anda dapat menggunakan sikat kawat agar lebih mudah dalam membersihkan kotoran atau karat tersebut.
  3. Jika bagian pipa knalpot sudah bersih maka lakukan perawatan pembersihan bagian tersebut dengan cara mengoleskan oli bersih pada leher knalpot ini dengan merata. Lalu hidupkan mesin cukup sekitar dua menit agar oli tersebut menyerap dan lama-kelamaan leher knalpot akan lebih bersih seiring dengan mengelupasnya oli yang kepanasan tersebut. Bagaimana cukup mudah kan cara merawat knalpot motor orisinil tadi? Yuk kita lanjut ke cara berikutnya.
  4. Cara selanjutnya adalah sehabis mencuci kendaraan atau setelah kendaraan anda kehujanan maka lakukanlah pengeringan pada bagian knalpot ini dengan hati-hati. Dan bila perlu semprot dengan cairan anti karat.
  5. Apabila bagian silencer knalpot original kendaraan anda berbahan chrome maka lap dengan kain lembut agar tidak mimbulkan goresan yang menyebabkan kurang baiknya penampilan kendaraan anda. Jika ada noda yang membandel pada bagian luar silencer knalpot dapat dihilangkan dengan memanfaatkan oli bekas yang masih baik.
  6. Bahkan jika karat atau noda sangat membandel maka gunakanlah cairan portex. Karena dengan cairan ini karat atau korosi yang membandel akan mudah menghilang. Namun anda harus sangat hati-hati dalam menggunakan cairan yang sangat kuat ini, jika salah-salah mengenai blok mesin maka akan melunturkan warna blok mesin ini sendiri.
  7. Untuk menghilangkan bercak hitam karena percikan aspal yang masih baru pada knalpot atau bahkan blok mesin kendaraan ada dapat dibersihkan dengan menggunakan Pertamax Plus yang campur dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2 lalu oleskan secukupnya pada bercak kehitaman tersebut dan sikat dengan menggunakan sikat kecil yang masih bagus. Dan bercak kehitaman akibat aspal tersebut akan menghilang.
  8. Selau periksa lubang pembuangan air yang terdapat pada bagian bawah silencer setiap knalpot. Jika tersumbat maka tusuk lubang pembuangan air tersebut dengan lidi ataupun paku kecil.
  9. Cara merawat knalpot motor orisinil yang terakhir adalah periksalah kebocoran paking knalpot serta periksa kekencangan baut penyangga knalpot. Karena jika hal tersebut terlewatkan akan menghasilkan proses pembuangan gas yang tidak sempurna yang mengakibatkan borosnya pembakaran bahan bakar.

cara merawat knalpot motor orisinil dengan benar



Demikianlah tips dan cara merawat knalpot motor orisinil untuk kendaraan kesayangan anda. Pada dasarnya masih banyak cara lain untuk merawat knalpot orisinil supay panjang umur tetapi Mas Sena telah merangkumkan 10 cara merawat knalpot motor orisinil terbaik yang paling mudah untuk anda praktekkan secara mandiri. Anda dengan cukup memperhatikan dengan seksama saja dapat melakukannya dengan kehatian-hatian penuh supaya hasil yang didapat bisa maksimal. Sebenarnya untuk merawat knalpot tidaklah sulit, cukup lakukan cara-cara diatas secara berkala agar tampilan serta performa knalpot dapat terjaga dengan baik. Namun Mas Sena menyarankan dalam menggunakan cairan portex untuk sangat memperhatikan kadar yang harus diperlukan, sebisa mungkin gunakan sesedikit mungkin supaya tidak merusak knalpot anda.  Demikianlah tips dan trik mengenai cara merawat knalpot motor orisinil yang dapat Mas Sena sampaikan yang sekaligus mengakhiri perjumpaan kita pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bro. Simak terus ya tips-tips lain yang akan selalu Mas paijo update.

Komentar